Quantcast

Wednesday, February 5, 2014

Bolehkah mengkonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa?

   Tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan merupakan batas waktu dimana makanan tersebut masih aman untuk di konsumsi. Tapi adakah makanan yang masih aman dikonsumsi ketika habis masa kadaluarsa? Dan bagaimana cara kita mengetahuinya?
   Tanggal kadaluarsa itu ibarat deadline atau batas waktu dalam tugas suatu pekerjaan. Menjadi beban pikiran. Tapi kadang-kadang, makanan masih baik sehari, seminggu, setahun, atau bahkan beberapa tahun setelah tanggal kadaluarsa lewat. Faktanya, Doug Rauch-mantan presdir supermarket Trader Joe- merubah "makanan kadaluarsa" menjadi bisnis. Dia membuka toko di sebuah wilayah di Boston dan dinamakan "The Daily Table" yang menjadi satu pasar di mana semua item memiliki satu kesamaan: telah melewati masa "sell-by"-batas tanggal boleh tidaknya barang di pasarkan.
    Hal yang kita semua perlu ketahui adalah terminologi pelabelan "expired date' ini bisa membingungkan kita. jadi bagaimana caranya agar anda benar-benar tahu apakah makanan aman untuk dimakan? Memang sulit untuk mengatakan karena itu adalah topik yang sulit untuk dipelajari. Ya memang sulit untuk menentukan titik ketika makanan masih terasa enak dan ketika itu benar-benar aman. Ada juga yang mengatakan "Makanan bisa aman dikonsumsi bahkan ketika itu tidak tampak bagus atau rasanya telah berubah".
   Ada sebuah pedoman umum yaitu "semakin baik proses pengolahan makanan maka semakin lama pula anda bisa menikmati makanan tersebut meskipun sudah melewati "expire date" terutama pada makanan yang memiliki kadar air rendah dan ditambahkan dengan bahan pengawet. pedoman ini tidak berlaku untuk produk daging yang di proses seperti sandwich, hotdog dan sosis. Jangan mengkonsumsi makanan ini ketika masa kadaluarsa telah lewat karena produk ini memiliki bahaya tinggi dari jenis bakteri listeria-penyebab inspeksi listeriosis- yang dalam beberapa kasus-dapat menyebabkan meningitis.
   Berikut beberapa jenis makanan dan berapa lama kira-kira makanan tersebut masih baik setelah melewati masa kadaluarsa:
   Makanan kalengan: Sebagian tanggal kadaluwarsa pada makanan dalam kaleng berkisar dari 1 sampai 4 tahun tapi makanan yang disimpan di tempat yang sejuk dan gelap dengan kaleng yang masih utuh (tidak penyok) dan dalam kondisi baik mungkin aman di konsumsi dua kali lipat umur simpan dari 3 sampai dengan 6 tahun.
   Makanan beku: hampir sama seperti makanan kaleng, pengecualian untuk produk daging.
   Buah-buahan dan sayuran segar: Lihat, cium dan cicipilah maka anda akan tahu makanan tersebut masih layak untuk dikonsumsi atau tidak.
   Pasta: Pasta kering biasanya lama rusak karena tanpa kandungan air. Selama itu tidak berbau aneh, anda dapat menyimpan pasta lebih lama dari tanggal kedaluwarsa.
   Roti: Anda dapat menyimpannya secara lebih lama dari tanggal pada kemasan jika anda memasukkannya ke dalam lemari es atau freezer. Selama anda tidak melihat jamur, itu baik.
   Telur: Masukan telur dalam air. Jika mengapung menunjukkan pada anda itu sudah buruk karena jumlah bakterinya sudah terlalu tinggi. bakteri menghasilkan gas yang menyebabkan telur mengapung.
   Note: Tulisan ini bukan rujukan atau anjuran untuk mengkonsumsi makanan yang telah melewati masa kadaluarsa / expired date. Tetaplah berhati-hati dalam memilih makanan anda.
Sumber: Menshealth, Wikipedia dan beberapa sumber yang lain.

7 comments:

  1. Replies
    1. Untuk susu bubuk masih bisa di konsumsi selama kemasan masih utuh, rasa, warna dan tekstur belum berubah. namun sebaiknya dihindari terutama jika mau diberikan untuk anak-anak.

      Delete
    2. Saya punya susu herb*life yg sudah kadaluarsa bulan Mei 2016..
      Namun kemasannya baru dibuka tgl 15 maret 2017. Didalamnya susu belum berubah tekstur dan baunya pun msh seperti baru..
      Apakah masih layak konsumsi?
      Mohon informasinya

      Delete
  2. Bagaimana kalo bumbu balado yg di kemasan , tp sudah trbuka dn d simpan di kulkas ?

    ReplyDelete
  3. Saya udah terlajur beli banyak susu soya melilea bubuk dan udah mau kadalurasa 4 hari lagi tapi msh ada sisa 5 pack mau di buang syg sekali. Msh bisa di konsumsi ga ya pas udah lewat tanggal kaduluarsanya ntar. Nyesek banget kalo harus di buang.

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar yang relevan dengan tema artikel, di larang spam, no sara. Yang tidak sopan akan langsung di hapus system.
Terimakasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...