Quantcast

Monday, June 23, 2014

Makanan Sehat yang Mudah di Dapat

    Jika kita ingin memiliki Gaya Hidup Bahagia maka kita harus jeli memilih makanan. Makanan yang mengandung cukup gizi dan bisa mencukupi nutrisi harian bukan berarti sulit untuk didapatkan. Berikut beberapa bahan makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi dan mampu menjaga kondisi tubuh kita dari kekurangan vitamin atau nutrisi yang sangat penting bagi tubuh.
    1. Bayam
    Sayuran hijau ini mengandung omega 3 nabati dan folat, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis. Folat juga meningkatkan aliran darah ke daerah bawah, membantu untuk melindungi Anda terhadap masalah seksual yang berkaitan dengan usia. Dan bayam juga mengandung lutein, suatu senyawa yang melawan degenerasi makula.
    2. Yogurt
    Manfaat kesehatan makanan yang telah ada sejak 2.000 tahun lalu ini yang tidak diperselisihkan: Fermentasi menumbuhkan ratusan juta organisme probiotik yang berfungsi membantu kinerja bakteri baik. Hal ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan perlindungan terhadap kanker.
    3. Tomat
     Ada dua hal yang perlu Anda ketahui tentang tomat: Tomat merah adalah yang terbaik, karena mengandung lebih banyak lycopene sebagai antioksidan, dan tomat olahan memiliki kandungan yang sama dengan tomat segar, karena lebih mudah bagi tubuh untuk menyerap lycopene. Studi menunjukkan bahwa makanan yang kaya lycopene dapat menurunkan risiko kanker kandung kemih, paru-paru, prostat, kulit, dan kanker perut, serta mengurangi risiko penyakit arteri koroner. Segelas jus tomat atau delapan tomat segar mengandung 22mg lycopene yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda.
    4. Wortel
    Sayuran berwarna oranye ini mengandung senyawa karotenoid yang larut dalam lemak, berfungsi untuk mengurangi risiko dan tingkat keparahan kondisi peradangan seperti asma dan rheumatoid arthritis.
    5. Blueberry
    Buah ini mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan buah dari Amerika Utara lainnya, blueberry membantu mencegah kanker, diabetes, dan perubahan memori yang berkaitan dengan usia. Studi menunjukkan bahwa blueberry, yang kaya serat dan vitamin A dan C, juga meningkatkan kesehatan jantung.
    6. Kedelai Hitam
    Sacang baik untuk jantung Anda, tetapi tidak dapat meningkatkan kekuatan otak Anda seperti kedelai hitam. Kedelai hitam banyak mengandung anthocyanin, senyawa antioksidan yang telah terbukti memperbaiki fungsi otak. Juga rendah kalori dan bebas lemak jenuh.
    7. Kenari
    Lebih kaya omega-3 dibandingkan salmon, dengan lebih banyak anti-inflamasi polyphenol dari anggur merah.
    Itulah beberapa contoh makanan bergizi tinggi yang mudah kita temui di sekitar kita. Semoga bermanfaat.

Monday, June 9, 2014

Idola anak kost yang mengancam nyawa

    Sebagai karyawan biasa yang nasibnya ga' begitu jauh dengan anak kost, mau ga' mau aku sering makan mie instan. Makanan cepat saji, ga' ribet dan bersahabat dengan isi kantong yang seringkali bolong-bolong.
    Tapi akhir-akhir ini kebiasaan ini mulai berkurang setelah seorang teman ngomong masalah bahaya makan mie instan. Karena kurang puas dengan penjelasannya aku mulai mencari informasi lebih banyak tentang mie instan di internet. Ternyata banyak artikel yang menjelaskan masalah ini.
    Apa sih akibat dari makan mie instan secara berlebihan?
    Mie instan dibuat dari campuran tepung, minyak sayur, garam, dan beberapa bahan aditif yang berbahaya bagi tubuh kita seperti natrium polifosfat (emulsifer), natrium karbonat dan kalium karbonat (pengatur asam) dan zat pewarna kuning (tartrazine). Begitu juga dengan bumbunya yang tak lepas dari zat aditif makanan seperti MSG (Bagi orang yang tidak tahan dengan MSGbiasanya akan merasa pusing dan sesak nafas). Kandungan-kandungan yang berbahaya tersebut tidak baik dikonsumsi oleh tubuh. Terutama jika kita sering mengkonsumsi mie instan dalam waktu yang lama. Mengkonsumsi mie instan terus-menerus sama dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh dan efeknya bisa merusak sel-sel jaringan otak. Akibatnya, akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak. Kerusakan jaringan sel otak ini juga akan memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.
    Telah diketahui bahwa permukaan mie instan dilapisi oleh lilin agar mie tidak lengket satu sama lain. Zat ini memerlukan waktu sekitar 2 hari bagi tubuh untuk mencernanya. Jika terus menumpuk dalam tubuh, zat ini akan meningkatkan kemungkinan kita untuk terkena penyakit kanker. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa: mengkonsumsi mie instant 4 hari berturut-turut berpotensi kanker, mioma, kista atau amandel sebesar 75%.
    Sebenarnya masih banyak hal mengenai efek buruk mie instan terhadap tubuh, tapi sementara itu dulu deh, lain kali Insya Allah akan aku tulis lagi disini beserta cara mengurangi ancaman mie instan untuk kalian semua.
Terimakasih karena kamu sudah membaca sampai di akhir tulisan ini. Semoga harimu menyenangkan.
Salam.
    

Thursday, June 5, 2014

"Kenapa bulan Desember selalu jadi bulan penuh derita buatku?"

   "Kenapa bulan Desember selalu jadi bulan penuh derita buatku?" Begitulah status seorang teman di sebuah jejaring sosial Facebook.
    Kata-katanya sederhana tapi cukup untuk mempengaruhi emosi selama satu harian penuh, mungkin bisa sampai berhari-hari, dengan kata lain ini bisa di sebut galau yang berkepanjangan. Apalagi kalo mikirnya dalem, ya ga bakalan ilang penderitaan itu.
    Pak ustadz bilang sih kita ga boleh berprasangka buruk terhadap takdir sampai segitunya. Tapi apa boleh buat, pesan pak ustadz itu tidak nyampek ke semua orang. Makanya masih ada orang-orang yang sering mengeluhkan keadaannya seolah tidak percaya akan adanya Allah SWT, Tuhan YME.
    "Iya, pak ustadz sih enak karena ga berada diposisi aku" kata seorang teman setelah mendengar acara ceramah di TV. "Coba aja dia selalu dapat kesusahan di tiap-tiap bulan Desember gini" tambahnya.
    Kalo udah begini jadi ribet kita mau gimana cara ngomongnya, soalnya seluruh urat syarafnya udah mengumpulkan seluruh kekuatan untuk mendukung keyakinannya tersebut. Jadi mau  ga mau ya pasrah aja, mau gimana lagi ya kan.
    Sekedar mengingatkan aja untuk kalian semua jangan sampai seperti itu ya, bisa bahaya. Itu dapat mempengaruhi kehidupan kita dimasa yang akan datang. Bayangkan aja, kalo kita menganggap umpanya bulan Desember itu bulan sial, bisa jadi kita akan merasa tersiksa sepanjang bulan Desember hanya gara-gara rasa takut memasuki bulan itu. Padahal ga ada kejadian yang benar-benar serius dan menyedihkan.
    Pikiran kita akan menentukan segalanya, apakah kita bahagia atau tidak. Berpikir positif tanpa mengkhawatirkan waktu-waktu tertentu akan membantu kita untuk survive. Kebahagiaan itu berawal dari pikiran, jika kita memikirkan apa yang tidak kita sukai maka seluruh anggota badan akan ikut terkena dampaknya. Namun jika kita selalu berpikir bagaimana caranya mendapatkan apa yang kita inginkan tanpa di pengaruhi kekhawatiran yang tidak jelas maka kebahagiaan itu telah dekat dari hidupmu.
    Percaya atau tidak, pikiran bisa menghidupkanmu juga mematikanmu.
    Have a nice day all of you...!!!

Wednesday, June 4, 2014

Isolasi Sosial itu Mematikan

    Kita semua ingin memiliki hubungan jangka panjang yang menyenangkan. Tapi seringkali kebanyakan dari kita mengalami sebuah dilema besar di beberapa titik kehidupan. Dalam hubungan yang penuh tekanan kita akan bertanya-tanya apakah lebih baik putus atau tetap mempertahankan sebuah hubungan. Jika kita telah mengalami perpisahan yang menyakitkan, yang umum terjadi kita akan bimbang untuk memutuskan apakah terus sendiri atau mencoba mengambil resiko dengan menjalin hubungan baru yang menjanjikan kebahagiaan selamanya.
    Sebagian besar orang percaya bahwa menjalin hubungan lebih baik daripada hidup sendiri. Itu sebabnya banyak orang terus menikah meskipun angka perceraian tetap tinggi untuk pernikahan pertama dan bahkan lebih tinggi untuk pernikahan berikutnya karena kita tahu bahwa memiliki hubungan yang baik adalah aset yang sangat berharga.
    Dalam kesibukan, keseharian yang penuh stress membuat kita kesulitan untuk mengembangkan dan mempertahankan persahabatan erat yang dapat mendukung dan ada disaat yang dibutuhkan. Masalah ini sering terjadi pada pria yang sering memiliki jaringan sosial yang lebih terbatas daripada wanita dan seringkali tidak pandai menjaga persahabatan atau memulai yang baru.
    Bagaimanapun, mempertahankan hubungan jangka panjang yang serius dan penuh komitmen itu sulit namun menyenangkan. Kita tidak harus memilih antara menjadi jomblo atau berpasangan. Kita bisa hidup tanpa pasangan dan memiliki hubungan sosial yang sehat bersama teman-teman. Atau kita bisa berada dalam sebuah hubungan jangka panjang penuh berkomitmen dan memiliki jaringan sosial yang sehat dengan teman-teman.
    Singkatnya, kita tidak harus menjalani sesuatu hubungan layaknya memilih antara kesehatan dan kekayaan. Seperti salah satu orang mengatakan kepada saya, "Saya lebih suka menjadi kaya dan sehat daripada sakit dan miskin."
    Jadi, jika kita bisa memiliki pasangan yang baik dan bahagia, mengapa harus menjadi jomblo dan tidak bahagia?
    Bukankah begitu?

Berbagi itu bikin rezeki makin kenceng

     Hai Sahabat semua yang Bergaya Hidup Bahagia. Sudahkah kalian mendengar orang kaya di dunia ini malah semakin kaya padahal mereka telah membagikan separuh kekayaannya kepada masyarakat dunia yang lebih membutuhkan? Sebut saja Bill Gates dan Warren Buffet melalui program "The Giving Pledge" dengan 38 orang kaya lainnya yang sepakat untuk menyumbangkan separuh kekayaan mereka. Buktinya sekarang kekayaan mereka bukannya berkurang tapi malah bertambah lebih dari dua kali lipatnya.
    Kenyataan itu menunjukkan kebenaran sabda nabi Muhammad SAW melalui hadits-nya sbb:

     مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ                        
("Sedekah tidak akan mengurangi harta" (HR. Muslim) 
    Sedekah tidak mengurangi harta tapi malah menambah harta. Semuanya sudah jelas terbukti namun masih banyak diantara kita yang tidak yakin akan kebenarannya, tidak mengherankan dan saya juga salah satu dari orang yang tidak yakin itu. Oleh karena saya menginginkan bukti nyata, maka saya mencoba membuktikannya sendiri, dengan menyisihkan beberapa rupiah setiap habis dapat gaji, jangan tanya besarnya lagi ya soalnya ini bukan untuk di pamerkan, sungguh saya tidak ada maksud untuk itu.
    Selain itu kalau ada teman yang lagi butuh bantuan, seringkali sulit untuk berkata tidak bisa membantu meskipun keadaan sendiri sedang susah. Susah sih susah tapi rasanya itu loh waktu bisa bantu orang, bahagia-bahagia gimanaaaaaaa gitu. He he he
    Serius, itu baru efek instan nya aja ya, belum lagi efek jangka panjang. Bayangkan aja, jika kita sering membantu dan berbagi dengan orang lain maka kita juga akan sering merasakan bahagia. Itu artinya jiwa kita akan selalu terjaga kesehatannya, bukankah begitu?
    Selain itu, setelah ada jadwal menyisihkan sedikit uang untuk disumbangkan, rezeki yang mengalir ke kantong terasa makin kenceng aja. Ga cuman sekedar dari gaji, tapi ada bonus dari inilah-itulah. Pokoknya ga di sangka-sangka. Masih ga percaya? Buktikan aja! Tapi hasilnya tidak akan sama pada setiap orang, tergantung keikhlasan diri kita masing-masing. Kalau ikhlas Insya Allah rezeki kalian makin kenceng, tapi kalo ga ikhlas ya ga usah berharap yang muluk-muluk. Paling tidak ya dapet rasa bahagianya aja. Lumayan kan daripada galau terus.
    Itu aja sih kuncinya, Ikhlas, ikhlas dan ikhlas.
    See you next time bro's n sista.
    have a nice day

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...